Akankah Tiger Menjadi Motor Antik Berharga Mahal?




Tiger 2000, salah satu varian Honda Tiger yang paling melegenda

Kalau anda adalah seorang biker Indonesia sejati, tentu anda tahu yang motor yang namanya Tiger. Ya, siapa yang tidak tahu. Motor gagah berharga mahal dengan cc yang terbilang besar di masanya. Sebagaimana yang kita tahu, Honda sudah menyuntik mati Tiger. Persaingan ketat di segmen motor sport kelas menengah selama satu dekade terakhir yang memunculkan motor-motor baru dengan tampilan yang lebih segar dan fitur yang lebih kekinian seperti V-ixion, CB150R, dan Byson membuat sang macan akhirnya roboh juga. Dengan selesainya tugas sang macan mengawal lini depan Honda, akankah Tiger menjadi motor antik dengan harga mahal?




Melihat atribut yang dimiliki Tiger, kemungkinan besar Tiger akan menjadi motor antik yang cukup mahal. Atribut yang pertama adalah fakta bahwa Tiger adalah simbol kejantanan dan kemapanan di masanya. Ya, di masa jayanya, pria sejati yang mapan motornya ya Tiger. Satu-satunya motor yang bisa menjadi pesaingnya hanya Ninja 150R (sebelum Ninja 150RR dan Ninja 250R keluar). Ada nilai historis dan kultural membuat masyarakat memiliki ikatan batin dengan Tiger dan ini bisa membuat Tiger menjadi barang retro yang dicari.



Yang kedua, Tiger memiliki komunitas yang kuat. Produk boleh discontinued, tapi komunitas umumnya akan terus bertahan. Keberadaan komunitas inilah yang bisa menjaga value sebuah produk meski ATPM mungkin sudah tidak men-support lagi. Tiger akan tetap dibicarakan dan komunitas akan tetap memiliki ikatan batin.




Jadi, buat anda yang punya Tiger dan spare part-nya masih orisinal, jaga dan rawat baik-baik. Motor anda kemungkinan besar bakal jadi barang antik. Yang sudah terlanjur di-modif, ya mau bagaimana lagi. Value motor anda mungkin tidak akan besar.




Yang jadi pertanyaan, varian Honda Tiger yang mana yang akan paling dicari? Apakah Tiger 2000, Revo, atau New Revo? Yang punya masukan monggo di-share di sini. Kalau tebakan saya sih, yang Tiger 2000.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.



8 tanggapan pada “Akankah Tiger Menjadi Motor Antik Berharga Mahal?”

  1. stang seher, seher, spion, body belakang kiri-kanan, tutup aki udah nga ori
    motor saya sudah 14 tahun Pak… kira2 bisa mahal nga ya? hehehehe

    1. klo kayak gitu enggak bisa jadi motor koleksi. paling buat bahan kanibal aja ujung-ujungnya.

  2. Saya melihara TIGER REVO 2011.
    Full orisinil.
    Saya cuek saja kalo ada temen” bilang TIGERnya kayak punya Aki” (Kakek-kakek)
    Buat saya Tiger Akan Tetap Gagah kalo full Orisinil.
    Smoga menjadi motor Antik dan bernilai Mahal.

  3. Saya simpan 1 motor Tiger Revo 2014. KM baru 3300 an.
    Semua full ori, kecuali busi saja yang diganti 6 bulan sekali.

Tinggalkan Balasan