Apakah Pertumbuhan Ekonomi Kita Diikuti Dengan Pertumbuhan Pendapatan per Kapita?




Setiap kita membaca bahwa perekonomian kita mengalami pertumbuhan, kita harus sadar apakah kita membaca informasi ini dengan benar. Misalnya, kita membaca bahwa ekonomi kita tumbuh 5%, apakah kesejahteraan kita naik 5%? Sebagai gambaran, anggap suatu perekonomian terdiri atas 10 orang yang menghasilkan GDP sebesar 100. Lalu, ditahun depan, perekonomian tumbuh sebesar 5% sehingga GDP mereka menjadi 105. Pertanyaannya, apakah kenaikan ini berasal dari pertumbuhan produktivitas per kapita, yaitu tiap individu berproduksi sebesar 10.5? Atau, apakah sebenarnya masing-masing individu produktivitasnya turun, yaitu hanya berproduksi sebanyak 9.5, tapi karena dalam ekonomi mereka jumlah penduduknya naik menjadi 11 orang, maka ekonomi mereka tercatat tumbuh naik 5% meski kesejahteraan per kapita mereka sebenarnya justru turun sebesar 5%?





Dalam Augmented Solow Growth model, dijelaskan bahwa pendapatan bruto suatu negara ditentukan oleh efisiensi tenaga kerja, jumlah tenaga kerja, dan jumlah modal yang disederhanakan dalam rumus:

Y = ALα Kβ

Itu artinya, pertumbuhan tidak selalu berasal dari efisiensi, tapi bisa karena pertambahan jumlah tenaga kerja. Ini berarti, bisa jadi statistik mencatat GDP kita tumbuh, tapi GDP per kapita kita turun. Maka, melihat data statistik pertumbuhan GDP per kapita juga perlu.




GDP dan GDP per Kapita Indonesia (sumber: World Bank)

Melihat data perekonomian di atas, kita bisa melihat bahwa GDP per kapita kita tumbuh mengikuti hampir persis sama dengan pola pergerakan GDP meski pertumbuhan GDP per kapita kita lebih rendah kurang lebih 1%. Berdasarkan data World Bank, rata-rata pertumbuhan GDP per kapita Indonesia dalam kurun 2003 s.d. 2016 sebesar 4,1%, lebih rendah daripada rata-rata pertumbuhan GDP sebesar 5,5% dalam periode yang sama. Meskipun pertumbuhan GDP per kapita lebih rendah, namun fakta bahwa GDP per kapita tetap naik menunjukkan bahwa kesejahteraan kita secara individu tetap naik meski jumlah penduduk terus bertambah. Apakah secara riil pendapatan anda naik itu perkara lain. Itu tergantung pada masalah kesenjangan sosial yang insya Allah kita bahas di lain waktu. Stay tuned!

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.



Tinggalkan Balasan