Berubahnya Selera Masyarakat Eropa yang Mengawali Kemunduran VOC – Sejarah VOC (8)




Wilayah Dagang VOC pada tahun 1700-an (Foto: TANAP, Wikipedia)

Salah satu titik awal akan kemunduran VOC adalah ketika masyarakat Eropa mengalami perubahan demand akan produk-produk dari Asia pada awal abad ke-18. Masyarakat Eropa mulai menyukai tekstil, kopi dan teh dari Asia. Karakteristik komoditas-komoditas ini yang jauh berbeda dengan lada mengawali kemunduran VOC.




VOC selama ini menguasai pasar lada Eropa menggunakan strategi dagang yang cukup licik. Salah satu strategi yang digunakan oleh VOC ketika muncul pesaing adalah dengan membanjiri pasar dengan stok lada mereka. Dengan karakteristik permintaan lada yang inelastis, ulah VOC ini mengakibatkan jatuhnya harga lada secara signifikan sehingga para pesaing VOC pun kolaps. Bahkan, kompetitor mereka sekelas East India Company pun hampir kolaps gara-gara VOC pada tahun 1683. Perlu diingat bahwa VOC adalah perusahaan pertama yang menjual sahamnya di bursa saham, sehingga VOC memiliki modal yang relatif jauh lebih besar dibandingkan para pesaing. VOC mungkin terkena imbas akan permainannya sendiri, namun modal VOC cukup kuat untuk meredam kerugian tersebut.




Namun, dengan karakteristik tekstil, kopi dan teh yang permintaannya cenderung elastis, VOC tidak bisa lagi bermain-main dengan pasar. Kali ini, mau tidak mau VOC harus bersaing secara fair. Akibatnya, meskipun secara volume VOC memiliki pertumbuhan yang meningkat pesat, namun profitnya tumbuh lebih lambat karena margin dari penjualan mengecil. Saat itu, seharusnya VOC melakukan penyesuaian dalam model bisnis mereka sehingga overhead cost mereka seharusnya bisa mengimbangi perubahan dalam struktur pendapatan. Masalahnya, pada masa itu sistem informasi yang tersedia belum secanggih saat ini, sehingga VOC tidak dapat dengan segera menyadari akan perubahan tersebut. Mereka masih mengerahkan pengeluaran yang cukup besar dalam program-program militer mereka untuk menguasai perdagangan yang kini marginnya sudah tidak sebesar dulu lagi. Dan inilah salah satu yang menjadi awal kemunduran VOC.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




Tinggalkan Balasan