Dari Bengkel Redaksi: Akhirnya Seri Sejarah VOC Selesai Sudah, Meski Belum Selesai




Duduk di tepi Sungai Themes kadang bisa membantu anda menemukan inspirasi (Foto: Koleksi Pribadi)

Alhamdulillaah akhirnya seri sejarah VOC selesai dalam 9 bagian. Membahas sejarah sebuah korporasi yang pernah begitu kuat mencengkeram wilayah Indonesia ini sangat melelahkan karena banyaknya materi dan sudut pandang yang bisa dibahas. Ide membahas VOC ini berasal dari rasa penasaran saya tentang bagaimana orang Eropa memandang VOC. Di Indonesia, lazimnya VOC dianggap sebagai penjajah yang memiliki kekuatan militer dan sejumlah strategi yang penuh dengan tipu  muslihat. Namun, bagi bangsa Eropa, VOC adalah sebuah korporasi multinasional pertama di dunia yang kekuatan dan pengaruhnya belum ada tandingannya sampai saat ini. Itu sebabnya mengapa beberapa pembahasan seri ini banyak mengambil sudut pandang manajerial bisnis VOC. Misalnya, tentang bagaimana perubahan selera masyarakat Eropa yang mengawali kemunduran VOC, ataupun bagaimana pentingnya Jepang bagi VOC sebagai kunci untuk mewujudkan visi jaringan perdagangan intra-Asia.




Sebenarnya, masih ada beberapa materi yang bisa dikembangkan. Namun, saya tidak ingin seri sejarah VOC ini menjadi semacam sinetron kejar tayang yang tidak kunjung selesai dan terasa mengulur-ulur pembahasan. Maka seri ini pun saya eksekusi sesuai dengan rencana dan saya akhiri di seri ke-9. Namun, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, masih ada beberapa materi terkait VOC yang belum diketahui oleh masyarakat umum dan sangat bisa dieksplorasi. Materi-materi ini insya Allaah akan kami bahas di lain kesempatan. Jadi, pantau terus internetbermanfaat.com.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




4 tanggapan pada “Dari Bengkel Redaksi: Akhirnya Seri Sejarah VOC Selesai Sudah, Meski Belum Selesai”

  1. mantabs mas broo, ditunggu tulisan lainnya sejenis ini bisa menambah wawasan cakrawala ilmu pengetahuan…

    1. Makasih mas bro sudah mampir. Insya Allaah, nantikan saja di situs ini mas bro

  2. Artikel yg berbobot. jarang2 bisa menimbulkan rasa ketertarikan utk membaca tiap seri sampai selesai. Sukses terus dalam berkarya mas.

    1. terima kasih mas atas apresiasinya. alhamdulillaah kalau tulisannya memang bermanfaat

Tinggalkan Balasan