Keluarga Cadbury dan Warisannya untuk Birmingham




Cadbury World, Birmingham (Foto: Cadburyworlduk, Instagram)

Siapa yang tidak kenal Cadbury? Perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman berbahan cokelat ini merupakan salah satu merek dagang yang cukup banyak beredar di pasaran. Namun, tahukah anda bahwa Cadbury berasal dari Birmingham? Dan tahukah anda, bahwa keluarga Cadbury adalah keluarga yang sangat disegani di sana? Mari kita bahas.




Kisah Perusahaan Coklat Cadbury

Kisah perusahaan Cadbury dimulai pada tahun 1824 ketika John Cadbury mendirikan toko bahan makanan di samping rumah keluarga Cadbury di Birmingham. Sebagai seorang yang berasal dari keluarga yang religius, John merasa bahwa alkohol adalah penyebab kemiskinan, dan ia pun menjual kopi, teh, dan minuman coklat sebagai salah satu misi pribadinya menggantikan alkohol. Ia pun akhirnya mulai memproduksi minuman cokelat dalam skala komersial pada tahun 1831.




Perusahaan cokelat Cadbury akhirnya menjadi besar ketika perusahaan ini berada di bawah pengelolaan kedua anak John, yaitu George dan Richard Cadbury. Di bawah komando keduanya, perusahaan Cadbury berhasil menjungkalkan monopoli Perancis dalam pasar cokelat di tanah Britania. Cadbury juga menjadi perusahaan inggris pertama yang memproduksi cokelat boks.



Visi Sosial George dan Richard Cadbury

Salah satu peninggalan terbesar keluarga Cadbury untuk Birmingham, selain produk cokelatnya yang fenomenal, adalah visi sosialnya yang terwujud dalam bentuk Bourneville. Ketika akhirnya perusahaan Cadbury harus melakukan ekspansi, Cadbury bersaudara membeli sebidang lahan seluas 14 acre. Lokasi ini sengaja dipilih karena lokasi ini dilalui oleh jalur kanal dan kereta sehingga pabrik coklat mereka memiliki akses atas jalur transportasi nasional. Namun, yang luar biasa dari pendirian pabrik ini adalah visi sosial yang diwujudkan oleh Cadbury bersaudara.

Salah Satu Pertokoan di Kawasan Bournville (Foto: Gavin Warrins, Wikipedia)

George, yang memiliki ambisi akan reformasi sosial mengatakan, “Jika setiap orang dapat memiliki rumahnya sendiri, dengan taman besar yang dapat ditanami, dan lingkungan yang sehat, saya pikir mereka akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjalani kehidupan keluarga yang bahagia.” Dan visi itu dia wujudkan. Cadbury bersaudara membangun perumahan yang luar biasa nyaman untuk para pegawainya, dimana tiap-tiap rumah memiliki tamannya sendiri yang besar. Tidak cukup sampai di situ, Cadbury bersaudara juga membangun sekolah dan beragam sarana hiburan. Dengan beragam fasilitas yang diberikan kepada para pegawainya, ditambah dengan gaji yang cukup, perawatan kesehatan, dan skema pensiun, menjadi pegawai Cadbury adalah hal yang luar biasa istimewa di zamannya (dan bahkan bisa jadi masih termasuk istimewa untuk standar zaman sekarang.



Kedermawanan Cadbury bersaudara tidak berhenti sampai di situ. Mereka juga membangun The Beeches sehingga anak-anak dari daerah kumuh di perkotaan bisa berlibur, mereka juga menyumbangkan the Lickey Hills Country Park kepada masyarakat Birmingham. Karakter filantropis keluarga Cadbury pun masih bertahan sampai sekarang. Ketika University of Birmingham membangun perpustakaan kampus yang baru  yang diresmikan tahun 2016 untuk menggantikan bangunan yang lama, lagi-lagi keluarga Cadbury juga memberikan donasinya. Tak heran, keluarga Cadbury memiliki tempat yang istimewa di Kota Birmingham.

Perpustakaan Baru University of Birmingham (Foto: Unibirmingham, Instagram)

Penutup

Ya, inilah gambaran peninggalan keluarga Cadbury. Bagaimana mereka memiliki idealisme menjual minuman coklat agar masyarakat tidak lagi minum minuman beralkohol, sampai dengan idealisme bahwa para pegawai pun harus disejahterakan dan dibahagiakan. Semoga kita semua bisa meneladani keluarga Cadbury.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.



Tinggalkan Balasan