Kenapa Ngontrak Rumah di Inggris Lebih Enak Enggak Deket Kampus




Suasana rumah di kawasan Balsall Heath, Birmingham

Buat kalian yang sudah keterima beasiswa, salah satu fokus utama adalah mencari kontrakan rumah, terutama yang sudah berkeluarga. Bayangan kita tentu saja ingin cari rumah yang deket kampus dong, secara kita kan tentu sudah berasumsi bakal ngabisin banyak waktu di kampus. Tapi, berdasar pengalaman saya kuliah di Birmingham, buat yang berencana bawa keluarga, kontrakan rumah paling enak justru jangan deket kampus. Ini dia alasannya.




1. Kontrakan Deket Kampus itu Mahal

Kontrakan deket kampus itu mahal banget. Buat gambaran saja, di tahun 2015, rumah/flat dengan dua kamar tidur fully furnished di deket University of Birmingham rata-rata biayanya £600 sebulan. Kalau mau tinggal rada jauh di daerah Smethwick atau pun Quinton, bisa dapet di range £450-£550 sebulan. Yup, saya pernah nemu ada flat 2 kamar tidur seharga entah £450 atau £485 sebulan di Quinton! Biaya tiket bus langganan setahun penuh jatuhnya hanya £23.75 sebulan. Lumayan banget kan selisihnya.



2. Kontrakan Deket Kampus itu Kontraknya Ketat Kudu Setahun Pas

Namanya juga kontrakan deket kampus, market segment-nya tentu mahasiswa. Maka jangan heran, pemilik kontrakan maunya kontrak kita selesai tepat di awal September supaya rumah mereka bisa diisi dengan penghuni baru yang kontrak setahun penuh. Beda dengan daerah non kampus yang kontraknya sistem rolling bulanan. Kita mau selesai kontrak bisa kapan saja semau kita. Sangat fleksibel. Cocok banget terutama untuk mahasiswa Ph.D karena ada risiko dosen pembimbing sewaktu-waktu pindah universitas dan mau gak mau kita juga kudu pindah kota. Ada kejadian seorang teman ambil Ph.D di Birmingham. Dosen pembimbing beliau pindah ke University of Cardiff, sehingga mau enggak mau dia harus tetap bayar kontrakan dia di Birmingham meskipun enggak dihuni sampai dia bisa mendapatkan tenant pengganti.




3. Privasi Dari Agen Kurang

Namanya juga kontraknya kudu setahun full, agen properti kita tentunya tahu persis kapan kita akan selesai kontrak, yaitu umumnya di Bulan September. Maka jangan heran apabila mulai dari Bulan Januari sampai mungkin Agustus (tergantung seberapa lama rumah memperoleh kepastian calon penghuni baru) rumah kita akan beberapa kali dikunjungi oleh agen properti dan calon tenant. Beda dengan rumah saya yang kontraknya bulanan. Saya wajib lapor ke agen tentang pemutusan kontrak saya minimal satu bulan saja sebelum saya keluar. Itu artinya, hanya sebulan saja privasi saya diganggu. Selama agen tidak tahu kapan saya akan memutus kontrak saya, saya dan keluarga bisa hidup tenang.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.



1 tanggapan pada “Kenapa Ngontrak Rumah di Inggris Lebih Enak Enggak Deket Kampus”

Tinggalkan Balasan