Tahukah Anda: Keynesian Beauty Contest




Keynesian beauty contest, atau jika ditranslasikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi kontes kecantikan Keynesian, adalah suatu kontes kecantikan imajiner dimana sebuah koran mengadakan survei pemilihan wajah tercantik, dan pembaca yang memilih sang peraih suara terbanyak akan memperoleh hadiah. Kontes kecantikan Keynesian ini disampaikan oleh John Maynard Keynes dalam buku fenomenalnya yang berjudul The General Theory of Employment, Interest and Money untuk menggambarkan bagaimana rasionalitas para investor di bursa saham. Alih-alih menilai saham berdasarkan nilai fundamentalnya, para investor menilai saham dengan memperkirakan berapa nilai saham tersebut menurut investor lainnya.




National Planet Radio (NPR) melakukan eksperimen Keynesian beauty contest berupa pemilihan video terlucu dengan membagi partisipan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan tugas memilih video terlucu menurut mereka, sementara kelompok kedua diberikan tugas memilih video yang menurut mereka akan menjadi video terlucu pilihan peserta. Hasilnya, kelompok pertama memilih video kucing dengan suara sebanyak 50% sementara kelompok kedua memilih video yang sama dengan suara sebanyak 76%.



Sekarang, anggap mereka adalah para investor dan harus memilih diantara tiga saham dengan harga yang sama. Bisa anda bayangkan, nantinya akan ada satu saham yang overprice sampai dengan 50% (Hitung-hitungannya, overprice sebesar 26% dibagi dengan fundamental value 50%). Inilah bahaya dari fenomena kontes kecantikan Keynesian dalam dunia keuangan.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




Referensi:

National Public Radio. (2011). Ranking Cute Animals: A Stock Market Experiment. https://www.npr.org/sections/money/2011/01/14/132906135/ranking-cute-animals-a-stock-market-experiment (diakses pada 2 Februari 2018).

Wikipedia. (2017). Keynesian Beauty Contest. https://en.wikipedia.org/wiki/Keynesian_beauty_contest (diakses pada 2 Februari 2018).




Tinggalkan Balasan