Tips Meningkatkan Skor TOEFL dari Peraih Skor TOEFL 587




Salah satu pintu masuk University of Birmingham (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Saat ini di Indonesia sedang demam TOEFL. Untuk lulus gelar sarjana saja, beberapa universitas mensyaratkan capaian TOEFL tertentu. Padahal, kuliahnya tidak berbahasa Inggris, pun bahasa Inggris bukanlah bahasa resmi di Indonesia. Kebutuhan akan nilai TOEFL yang tinggi juga kini semakin meningkat dengan adanya program beasiswa LPDP yang memberikan kesempatan bagi para pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan pasca sarjana di luar negeri. Ketika beberapa teman saya mengetahui bahwa nilai TOEFL saya mencapai 587, mereka sering mengajukan pertanyaan kepada saya bagaimana meningkatkan skor TOEFL mereka. Maka, agar tips saya ini bisa menjangkau lebih banyak orang, maka akan saya paparkan sebagai berikut ini.




1. Ambil Kelas TOEFL Preparation

Kalau kemampuan bahasa Inggris anda cukup memprihatinkan, tips saya yang pertama adalah ambil kelas TOEFL preparation. Di kelas ini, kemungkinan besar anda akan diajari grammar dan latihan soal yang memang esensial untuk menghadapi tes TOEFL. Ikuti dengan tekun dan jangan membolos kelas satu kalipun.




2. Ikut Kursus Bahasa Inggris yang Sifatnya General English

Jika anda sudah ikut kelas TOEFL preparation dan ternyata nilai anda masih jauh dari yang anda harapkan, maka mengikuti kelas General English bisa menjadi solusi. Bukan apa-apa. Seringkali, ilmu membutuhkan waktu untuk bisa dicerna oleh otak kita. Mengulang-ulang kelas TOEFL preparation dari berbagai vendor bukan hanya bisa membuat anda bosan, tapi juga menurunkan kepercayaan diri anda akan kemampuan diri anda sendiri. Anda bisa merasa anda tidak cukup bagus untuk belajar bahasa Inggris, padahal faktanya anak umur 5 tahun di Inggris fasih berbahasa Inggris. Ikutilah kelas General English yang penyelesaian seluruh levelnya kursusnya bisa menghabiskan waktu 3-4 tahun dan bersabarlah. Sebagaimana anak-anak di Inggris butuh beberapa tahun untuk bisa fasih berbahasa Inggris, masak bermodal kursus cuma 3 bulan anda mau ahli?




3. Jadikan Bahasa Inggris Sebagai Bagian Hidup Anda

Tips yang terakhir, dan ini yang paling penting, jadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari hidup anda. Bahasa bukanlah ilmu pasti seperti matematika atau fisika melainkan sebuah budaya. Dan untuk menguasainya, anda harus menjadikan bahasa tersebut sebagai bagian dari diri anda. Saya teringat masa-masa awal saya kuliah Diploma III di STAN. Teman-teman saya banyak yang angkat tangan dengan buku accounting berbahasa Inggris dan mencari buku terjemahan. Sementara saya, yang sejak awal bertekad kuliah di luar negeri, maju terus karena bagi saya kalau tidak saya mulai sekarang, mau kapan saya siap untuk kuliah di luar negeri. Awalnya memang berat, karena membaca satu halaman saja menghabiskan waktu yang cukup lama. Namun sekarang saya sudah fasih dan rutin membaca majalah The Economist maupun Bloomberg Businessweek tiap minggu. Menonton BBC News dan Channel News Asia yang awalnya berat pun juga sekarang menjadi hal yang ringan.




Maka ketika mengerjakan soal TOEFL saya pun santai saja. Kadang saya tidak perlu benar-benar menggunakan rumus grammar untuk mengetahui bagian mana dari kalimat yang salah. Cukup saya rasakan saja sudah ketemu bagian yang aneh dan tidak wajar. Reading juga mudah karena saya merasa seperti sedang membaca koran. Begitu pula dengan listening. Saya menganggapnya seperti sedang mencuri dengar pembicaraan orang di kafe. Sesimpel itu. Maka, saya sangat menyarankan bagi anda yang ingin meningkatkan skor TOEFL anda untuk menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian anda. Mungkin tidak perlu bercakap-cakap dalam bahasa Inggris (kecuali jika anda punya partner yang juga memiliki minat yang sama). Anda bisa memulainya dengan rutin membaca artikel maupun menonton berita berbahasa Inggris tanpa subtitle.




Satu yang perlu diingat adalah belajar bahasa butuh waktu. Kalau anda saat ini bisa berbahasa Indonesia, maka itu adalah hasil belajar bertahun-tahun di bawah bimbingan kedua orang tua anda. Maka, untuk menguasai bahasa Inggris pun perlu kesabaran. Jangan berharap dengan kursus hanya tiga bulan, skor TOEFL anda langsung meroket. Kursus TOEFL preparation tiga bulan bisa menjadi modal awal yang baik untuk memulai pengalaman anda berbahasa Inggris karena di sana anda akan diajari beragam grammar dan skill utama berbahasa Inggris. Namun, untuk bisa menggunakan bahasa Inggris secara alamiah, anda butuh proses. Ambil kursus General English, baca buku-buku atau tonton liputan-liputan yang berbahasa Inggris. Jangan terlalu terburu-buru. Rileks dan nikmati saja pengalamannya.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




2 tanggapan pada “Tips Meningkatkan Skor TOEFL dari Peraih Skor TOEFL 587”

Tinggalkan Balasan