Asal Nama Rusia dan Berdirinya Kerajaan Rus Kiev – Sejarah Rusia (1)




Wilayah Kerajaan Rus Kiev (Gambar: Wikipedia)

Sahabat bermanfaat sekalian. Setelah kolom sejarah cukup lama absen di InternetBermanfaat.com dengan terakhir kali membahas sejarah VOC, kini kita akan membahas tentang sejarah Rusia. Mengapa membahas Rusia? Ya, pemilihan tema Rusia ini didasarkan pada banyaknya di antara orang Indonesia yang tidak mengenal sejarah Rusia. Nama Rusia saat ini identik dengan komunisme, padahal era komunisme di Rusia sendiri sebenarnya baru berumur seabad ketika Tsar Nikolas II dipaksa turun tahta pada Tahun 1917 untuk kemudian dieksekusi. Bila dibandingkan dengan sejarah Rusia yang membentang dari abad ke-9, maka sejarah komunisme di Rusia sebenarnya hanya secuil kuku sejarah saja.




Nama Rusia berasal dari nama sebuah bangsa yang berasal dari Swedia, yaitu etnis Rus. Etnis Rus ini merupakan salah satu  etnis dari Bangsa Varangia yang bermigrasi dari Laut Baltik menuju Novgorod. Bangsa Varangia tersebut kemudian mendirikan sebuah kerajaan di Slavia Timur pada abad ke-9. Rurik, seorang Varangia dari etnis Rus dipilih menjadi menjadi pemimpin Bangsa Varangia pada Tahun 862. Penerus Rurik, yaitu Oleg, kemudian menaklukan Kiev yang kemudian mendirikan kerajaan Rus Kiev (Kievan Rus dalam literatur-literatur berbahasa Inggris). Oleg kemudian menaklukan seluruh bangsa di wilayah Slavia Timur dan menghancurkan Kekhaganan Khazar (kekhaganan adalah istilah yang serupa dengan kekaisaran atau kerajaan di wilayah Turki-Mongolia).




Pada abad ke-10 dan ke-11, Rus Kiev merupakan salah satu kerajaan terbessar dan paling sejahtera di Eropa. Rezim Vladimir the Great (980-1015) dan Yaroslav the Wise (1019-1054) disebut-sebut sebagai masa-masa keemasan bagi kerajaan Rus Kiev. Di masa tersebut juga dilakukan kodifikasi hukum pertama kalinya di kawasan Slavia Timur yang diberi nama Russkaya Pravda.




Kematian Yaroslav menjadi awal kemunduran Rus Kiev ketika anak-anak Yaroslav saling berebut tahta kerajaan. Konflik internal yang terjadi secara terus-menerus mengakibatkan melemahnya kekuatan Rus Kiev. Kerajaan Rus Kiev kemudian hancur ketika Bangsa Mongol melakukan invasi pada tahun 1237-1240.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




2 tanggapan pada “Asal Nama Rusia dan Berdirinya Kerajaan Rus Kiev – Sejarah Rusia (1)”

    1. Hm…. Bisa jadi topik yang menarik. Nanti coba kami pelajari dulu literaturnya

Tinggalkan Balasan