Great Feudal War of Moskow 3: Perang Saudara Berkepanjangan Itu Pun Menemui Titik Akhir – Sejarah Rusia (7)




Peta Rusia Tahun 1645 (Lukisan: Blaeu, Wikipedia)

Pada awal tahun 1440an, Vasily II berperang melawan Kekhanan Kazan. Dmitry Shemyaka tidak memenuhi janji kesetiaannya kepada Vasily II dengan tidak mengirimkan pasukannya. Pada tahun 1445, Ulugh Muhammad berperang menghadapi Moskow dan berhasil menangkap Vasily II. Setelah melalui proses negosiasi, Vasily II dilepaskan dengan tebusan yang sangat besar. Hal ini mengakibatkan pajak yang tinggi di kawasan Grand Duchy of Moscow sehingga memicu ketidakpuasan di kalangan para Duke. Akibatnya, pengaruh Dmitry Shemyaka menjadi semakin kuat.




Pada tahun 1446, Dimitry menangkap Vasily, membutakan matanya, kemudian membuang Vasily ke Uglich. Beberapa bulan kemudian, Dimitry mengunjungi Uglich untuk berdamai dengan Vasily. Mereka mencapai kesepakatan dimana Vasily memberikan janji kesetiaan kepada Dimitry dan tidak akan merebut takhta kembali. Sebagai gantinya, Dimitry membebaskannya dan memberikan Vologda.




Namun, Dimitry pemerintahan Dimitry dianggap tidak memuaskan sehingga para bangsawan kembali merapat kepada Vasily. Pada akhir tahun 1446, ketika Dimitry sedang tidak berada di Moskow, Vasily II memasuki kota Moskow. Vasily II pun melakukan pengejaran terhadap Dimitry. Pada tahun 1447, keduanya sempat berdamai. Pada tahun 1448 keduanya kembali berperang sampai tahun 1452 ketika Dimitry akhirnya dikalahkan dan mengungsi ke Novgorod. Setahun kemudian, Dimitry meninggal akibat diracun.




Kematian Dimitry mengakhiri perang saudara berkepanjangan di Moskow. Vasily II pun menjadi leluasa untuk menyingkirkan bangsawan yang mendukung Dimitry Shemyaka dan menciptakan kestabilan politik di Moskow. Salah satu anak Vasily II, Ivan III the Great, nantinya berhasil mengusir bangsa Mongol dari tanah Rus. Kisah Ivan III insya Allaah kita bahas di tulisan berikutnya.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




Tinggalkan Balasan