Inggris, Pesta Penikmat Buku, dan Penistaan Terhadap Pengetahuan




Keempat buku ini hanya seharga £8,5 atau 170 ribu rupiah saja (Foto: Koleksi Pribadi)

Sahabat bermanfaat sekalian. Hari ini saya ingin sedikit sharing pengalaman saya saat kuliah di Inggris satu tahun yang lalu. Kali ini, saya akan membahas tentang dunia literasi di sana, tepatnya tentang perbukuan. Sebagai seorang penikmat buku, terutama buku-buku impor berbahasa Inggris, saya merasakan kenyamanan yang luar biasa saat berada di Inggris. Bukan hanya saya bisa membeli berbagai buku dengan penjual yang berasal dari berbagai negara, diantaranya India dan Amerika Serikat, melainkan juga ketersediaan buku-buku bekas berkualitas prima dengan harga hancur luar biasa.




Berbagai ensiklopedia tebal warna-warni berbahan kertas premium, misalnya, bisa anda tebus seharga £1-£3 saja. Buku anak-anak berkualitas prima tak jarang dibanderol hanya seharga £0,2-£0,5. Sebagai gambaran, dalam foto yang saya sertakan di atas, 3 buku ensiklopedia tebal plus satu buku jigsaw anak hanya menghabiskan total £8.50 atau kurang lebih hanya setara 170 ribu rupiah saja. Benar-benar sebuah penistaan terhadap ilmu pengetahuan!




Dan jangan anda kira bahwa buku bekas ini sudah jelek seperti lazimnya buku bekas di Indonesia. Untuk ensiklopedia dan buku cerita anak, umumnya hampir seperti baru. Tampaknya, perpustakaan-perpustakaan di Inggris memiliki kebijakan untuk secara rutin memperbarui koleksi-koleksi ensiklopedia dan buku cerita anaknya, sehingga suplai buku bekas sangat banyak dan dengan kondisi prima.




Untuk membeli buku-buku bekas ini, anda bisa memperolehnya di sejumlah charity shops maupun di sejumlah e-commerce seperti di Amazon.com. Jika anda mencari buku bekas di Amazon.com, anda bahkan bisa menemui buku yang dijual seharga hanya £0,01. Yak, bisa dibilang, anda hanya modal ongkirnya yang biasanya sebesar £2,8 ke semua wilayah di Britania Raya. Mantap! Pameran buku Big Bad Wolf? Acara apa tuh?

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




Tinggalkan Balasan