Principality of Vladimir-Suzdal, Sebuah Pemerintahan Otonom di Dalam Kerajaan Rus Kiev yang Nantinya Memiliki Peran Besar dalam Kebangkitan Kota Moskow – Sejarah Rusia (2)




Pemandangan Kota Vladimir pada tahun 2010 (Foto: Wikipedia)

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai asal-usul orang Rusia dan Kerajaan Rus Kiev, kali ini kita akan membahas Principality of Vladimir-Suzdal, sebuah pemerintahan otonom di dalam Kerajaan Rus Kiev. Untuk meluruskan pemahaman, dari apa yang saya tangkap dari berbagai referensi, setiap pangeran Rus memiliki wilayahnya masing-masing yang bersifat otonom dari kerajaan induk Rus Kiev.




Vladimir Monomakh, putra dari Grand Prince of Vsevolod I, mewarisi wilayah Rostov-Suzdal pada tahun 1093. Sebagai seorang Grand Prince of Kiev, Vladimir menunjuk anaknya George I untuk memerintah wilayah Timur Laut dan kemudian pada tahun 1125 memindahkan ibukotanya dari Rostov menuju Suzdal. Pemerintahan George I ini kemudian disebut sebagai Principality of Rostov-Suzdal.




Pada abad ke-11 dan 12, seringnya wilayah Rus bagian selatan mengalami serbuan orang-orang Turki mengakibatkan banyak penduduk Rus yang kemudian pindah ke utara. Hal ini mengakibatkan munculnya sejumlah lokasi pemukiman baru, di antaranya Pereslavl, Kostroma, Dmitrov, Moskow, Yuriev-Polsky, Uglich, Tver, dll. Salah seorang anak George, Andrew the Pious, mewarisi kota yang bernama Vladimir. Di bawah kepemimpinan Andrew, Vladimir maju pesat. Vladimir-Suzdal menjadi sebuah kerajaan yang bersaing dengan kerajaan induk Rus Kiev. Bahkan Kerajaan Vladimir-Suzdal beberapa kali menaklukkan Kiev dalam perang saudara. (Sebagaimana yang saya bahas di tulisan sebelumnya, kematian Yaroslav the Wise pada tahun 1054 menjadi awal perebutan tahta dan perang saudara antar pangeran kerajaan).




Sama seperti Kerajaan Rus Kiev, Principality of Vladimir-Suzdal juga akhirnya hancur akibat serangan bangsa Mongol yang dipimpin oleh Batu Khan pada tahun 1238. Tidak cukup hanya menaklukan Vladimir, Batu Khan juga membakar kota. Nantinya, dari Kerajaan Vladimir-Suzdal inilah lahir The Grand Duchy of Moscow yang membawa bangsa Rus bangkit. Kebangkitan Moskow dan Bangsa Rus atas Mongol ini, insya Allaah akan kita bahas pada tulisan berikutnya.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas internetbermanfaat.com.




4 tanggapan pada “Principality of Vladimir-Suzdal, Sebuah Pemerintahan Otonom di Dalam Kerajaan Rus Kiev yang Nantinya Memiliki Peran Besar dalam Kebangkitan Kota Moskow – Sejarah Rusia (2)”

  1. Wilayahnya itu dipimpin oleh pangeran atau anak pangeran? Kok itu putra dari Grand Prince of Vsevolod I

  2. Kalau detilnya saya tidak tahu pasti, tapi dari yang saya tangkap, bahwa masing2 wilayah dipimpin oleh seorang Duke. Duke ini semacam bangsawan lah, seperti patih. Nah. Wilayah2 ini disebutnya Duchy, atau kurang lebih kepatihan. Di beberapa literatur, terkadang diterjemahkan menjadi kepangeranan. Nah, masing2 Duke.ini bersatu dibawah koordinasi Grand Duke. Nah, beberapa Grand Duke ini kemudian bersatu dimana salah satu Grand Duke ini menjadi pemimpin mereka. Jadi sistemnya bukan kerajaan dengan seorang raja, melainkan sekumpulan Duke yang bersatu. CMIIW

Tinggalkan Balasan